Wisata Ke Kota Batu Jangan Lupa Mampir Ke Coban Talun

Di Kota Batu yang sejuk selain dikenal dengan kota penghasil bunga juga di kenal dengan buah apelnya. Disini terdapat berbagai macam wisata alam yang mengagumkan salah satunya adalah coban talun. Makanya jika anda berwisata di kota batu, jangan lupa mampir ke tempat ini. Kalo di dengar dari namanya kalian semua pasti sudah bisa menebak bahwa wisata di tempat ini pasti berhubungan dengan air terjun sama seperti coban rondo, coban rais dan coban-coban lainnya. Ya memang benar di tempat ini memang terdapat air terjun dengan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan dan masih alami. Untuk menuju ke air terjun dari gapura pintu masuk anda akan berbelok ke kiri dan berjalan kurang lebih 1 km melewati hutan pinus yang indah dan asri. Air terjun ditempat ini memiliki ketinggian hingga 35 meter dan letaknya berada di  1000 meter di atas permukaan laut. Suhu ditempat ini berada di kisaran 17-22 C, sangat dingin dan sejuk sekali sehingga sangat cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga.



Wisata coban talun ini terletak berada di daerah Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, JawaTimur. Lokasi nya mudah sekali dijangkau kalo dari kota batu ke arah selecta. Pengunjung juga dapat memanfaatkan lokasi yang cukup luas di sekitar air terjun untuk sekedar duduk, istirahat sambil bercengkrama dengan teman saudara maupun keluarga sekalian menikmati pemandangan alamnya yang indah dan asri. Untuk yang menyukai berfoto khususnya anak-anak muda, banyak tempat yang bisa di pilih mulai dari aliran sungai, batu batuan besar hingga ketinggian dekat air terjun. Pengunjung juga di harap waspada dan berhati hati saat mendekati air terjun karena beberapa bebatuan didekat air terjun sangat licin karena terkena hempasan air terjun.

Saat selesai dari mengunjungi air terjun pengunjung dapat memilih beberapa wahana hiburan serta spot foto yang ada di kawasan wisata coban talun. Ada beberapa wahana maupun spot foto yang dapat di kunjungi oleh orang tua, muda mudi, maupun anak-anak, di antaranya adalah :

  • Cafe Rumah Terbalik, dilihat dari namanya tempat ini merupakan sebuah kafe yang menyediakan makanan maupun minuman. Di tempat ini pengunjung dapat beristirahat sambil bercengkrama dengan teman maupun keluarga untuk melepas penat setelah lelah berjalan melihat air terjun. Di cafe ini terdapat banyak gazebo untuk para pengunjung yang datang bersama keluarga selain itu di tempat ini terdapat bunga bunga indah yang dapat memanjakan mata pengunjung. Bagi mereka yang ingin berfoto di tempat ini juga terdapat spot foto dengan latar belakang alam, bunga maupun rumah terbalik. Dulunya cafe ini bernama cafe hortensia karena banyak tanaman bunga hortesia ditempat ini.
  • Kebun bunga, bagi pengunjung yang menyukai bunga dapat mengunjungi tempat ini. Disini ada beberapa macam bunga seperti hortensia / rotansia (hidrangea)  berwarna putih kebiruan dan ungu serta juga bunga pikok yang berwarna ungu. Di tempat ini pengunjung dapat berswa foto maupun shoting video untuk pra wedding dengan latar belakang bunga kebun yang indah.
  • Apache Camp, merupakan wahana seperti kampung indian yang di inspiasi dari suku Apache. Wahana ini menawarkan rumah rumah suku Indian serta pernak pernik khas suku Indian. Pengunjung juga bisa menyewa penginapan berbentuk rumah suku indian yang berukuran 4 x 4 meter, menyewa atribut seperti kostum indian, juga topi kepala suku serta peralatan lainnya.
  • Pagupon Camp, adalah rumah-rumah berbentuk sangkar burung merpati yang di sewakan untuk para wisatawan sebagai penginapan. Setiap rumah pagupon terdiri dari satu kamar tidur dan satu kamar mandi

Selain wahana di atas, bagi para wisatawan dapat mengunjungi spot lainnya yaitu goa jepang atau jika capek berkeliling wisatwan dapat menyewa motor trail atau ATV(motor roda empat) untuk berkeliling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *